Senin, 27 Juni 2011

Perbanyak shalawat jika mencintai Rasulullah Saw.


Selain meneladani sifat-sifat terpuji yang dimiliki oleh Rasulullah Saw., ada satu hal lagi yang dapat menambah kecintaan kita kepada beliau, yaitu dengan membaca shalawat.

Dalam kitab Sunan at-Tirmidzi, Abdullah bin Mas'ud ra. menuturkan sabda Rasulullah Saw., "Pada hari kiamat nanti, manusia paling utama bagiku adalah mereka yang paling banyak melantunkan shalawat kepadaku."

Betapa besarnya keutamaan bershalawat kepada Rasulullah Saw. dan betapa Rasulullah Saw. telah memberikan kita jalan agar dapat terus memperoleh kebaikan dan syafaatnya walaupun beliau telah wafat 14 abad silam.

Mari kita memperbanyak membaca shalawat kepada Rasulullah Saw., siapapun juga diantara kita yang mengaku umat beliau, tumbuhkan kecintaan kepada beliau dengan rutin mengucapkan shalawat. Rasulullah Saw. bukan cuma milik mereka yang mengaku keturunannya, atau bukan cuma milik orang Arab saja, tapi Rasulullah Saw. adalah milik umat sehingga cintailah beliau melebihi cinta kita kepada makhluk yang lain.

Salah satu shalawat yang beliau anjurkan untuk dibaca adalah shalawat Ibrahim (Ibrahimiyah):

Allahumma sholli 'alaa Sayyidina Muhammad wa 'ala aali Sayyidina Muhammad, kamaa sholaita 'ala Sayyidina Ibrahim wa 'ala aali Sayyidina Ibrahim. Innaka hamiidun majiid.
Allahumma baarik ala Sayyidina Muhammad wa ala aali Sayyidina Muhammad, kamaa baarokta 'ala Sayyidina Ibrahim wa 'ala aali Sayyidina Ibrahim. Innaka hamiidun majiid.

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Sayyidina Muhammad dan kepada keluarga Sayyidina Muhammad, sebagaimana engkau melimpahkan shalawat kepada Sayyidina Ibrahim dan kepada keluarga Sayyidina Ibrahim. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Mulia.
Ya Allah, berkatilah kepada Sayyidina Muhammad dan kepada keluarga Sayyidina Muhammad, sebagaimana Engkau memberkati kepada Sayyidina Ibrahim dan kepada keluarga Sayyidina Ibrahim. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

http://www.jafarsoddik.com/refleksi/02/Meneladani-akhlak-Rasulullah-Saw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar